4.10.15

Piknik disaat Mudik, Melelahkan Sekaligus Menyenangkan

source

Ada yang setuju dengan ungkapan diatas? Hayoooo tunjuk tangan... :) Saya yakin pasti banyak diantara kalian yang mengangguk-ngangguk pertanda setuju. Saya salah satunya, hehehehe.

Terus terang saya dan keluarga termasuk keluarga yang jarang piknik. Bukannya tidak mau atau tidak suka, tetapi lebih kepada waktu. Giliran ada keinginan untuk piknik, jadwal kerja suami sedang tidak memungkinkan. Giliran waktunya yang memungkinkan, biasanya rasa malas sedang melanda, inginnya diam dirumah saja. Hadeeeeeuh ini maunya apa sih, hahahaha.

Tapi saya sangat setuju kalau yang namanya piknik memang harus sedikit direncakan. Karena piknik itu ampuh loh untuk menghilangkan stress. Yap, stress karena rutinitas atau stress karena masalah yang ada. Piknik juga dapat dijadikan sarana untuk memperkuat bonding antar anggota keluarga. Sehingga keharmonisan keluarga dapat terjaga. Dan yang tak kalah penting, seperti ungkapan diatas, piknik juga dapat menciptakan suatu memori yang sangat berharga. Lumayan kan buat cerita anak cucu nantinya :)

Etapi jangan samakan piknik dengan nge-mall ya. kalau nge-mall mah nggak usah direncanain juga bisa tinggal cusss berangkat :-)

Oleh karena itu akhirnya kami pun merencankan untuk berangkat piknik sewaktu mudik lebaran kemarin. Kebetulan lebaran kemarin kami mudik ke Malang, Jawa Timur. Jadi banyak destinasi tempat piknik yang bisa dikunjungi. Saya bilang sama suami, "pokoknya mudik besok kita harus liburan! mumpung sekalian.. sekalian cuti, sekalian mudik, sekalian piknik. yihiiiiii." *ogahrugi :-)



Sebelum sampai di Malang, saya mau menceritakan sedikit mengenai perjalanan kami yang cukup... fiuhhh, melelahkan :)

Berawal dari Jakarta kami berangkat ke Bandung terlebih dahulu, karena memang sudah berencana untuk sholat Ied disana. Bandung adalah kampung halaman saya. Untungnya perjalanan ke bandung sangat lancar. tidak ada kemacetan sama sekali. Hanya memakan waktu sekitar tiga jam-an.

Setelah tiba di bandung keesokan harinya hari H Lebaran. Dan tanpa diduga, ternyata bapak ingin pulang ke kampung halamannya di Garut. Tentu saja saya agak kaget pada waktu itu. Yang ada dipikiran saya waktu itu, saya takut anak saya kelelahan terus sakit terus tidak bisa pergi ke Malang. Tapi karena bapak sudah lama tidak bertemu keluarganya. Kami berpikir kasian juga bapak, toh nggak tiap hari juga pergi kesana. Akhirnya kami pun setuju untuk pergi pada malam harinya.

Malam itupun kami berangkat, dengan kondisi perjalanan padat merayap. Yaaa namanya juga lebaran, sudah dipastikan jalanan ke arah sana pasti padat. Untungnya sih tidak macet total, hanya macet di beberapa titik ruas jalan saja. Meskipun lumayan lama juga, karena perjalanan memakan waktu hampir enam jam! hehehehe.

Nah, keesokan sorenya kita sudah harus pulang lagi ke Bandung. Daaan coba tebak apa yang terjadi ?? macet total !!!. Hahahaha. Itu macet terparah yang pernah saya rasakan. Kendaraan benar-benar berhenti total. Entahlah, yang ada dipikiran saya waktu itu hanya berharap mudah-mudahan kami selamat sampai Bandung.

Akhirnya setelah cukup bersabar di perjalanan pulang ke Bandung dan memakan waktu hampir 10 jam..!! sampailah kami di Bandung. Yang terpenting bapak senang sudah bertemu keluarganya :)

Perjalanan belum berakhir, karena besok sorenya kami harus menuju stasiun kereta api untuk berangkat ke Malang. Tau kan berapa jam perjalanan Bandung-Malang yang harus ditempuh ? Yap, sekitar 18 jam !!!. Hahahahaha.

Perjalanan panjang yang cukup melelahkan memang, tapi terbayar sudah dengan piknik kami yang menyenangkan, yeaaaay :)



Tujuan utama piknik kami sebenarnya adalah Batu Secreet Zoo, tapi sebelumnya terlebih dahulu kami pergi ke Coban rondo dan Taman Bunga Selekta. Mumpung disana, jadi ya sekalian saja piknik ke berbagai tempat :-) 

Coban Rondo adalah tempat wisata air terjun di kota Batu. Waktu kami kesana pengunjung sedang padat-padatnya, maklum waktu itu sedang hari libur lebaran. Meskipun kami tidak bisa menuju air terjunnya, dikarenakan padat pengunjung, tapi kami cukup puas karena masih bisa main air dipinggiran air terjunnya.

Selain itu juga kami bermain ke wahana-wahana permainan yang ada disana. Tapi sayang, Coban Rondo ini agak kurang perawatannya, sehingga banyak wahana permainan yang sudah tidak layak pakai. Tapi tidak apa-apa juga sih, yang terpenting anak saya senang :)


                                                   

Next, kami piknik ke Taman Rekreasi Selecta, adanya di kota Batu juga. Yang utama di Selecta ini adalah taman bunganya yang indah. Tapi sayang, karena pengunjung yang padat membludak, kami tidak sempat masuk kesana. Disini kami hanya sempat menikmati kumpulan ikan-ikan di akuarium besar. Tapi jangan sia-siakan piknik yang hanya sebentar ini. Foto-foto dulu dooooonng :)



                                                                             
Nah, ini nih yang terakhir.. tujuan utama piknik kami yaitu Batu Secreet Zoo. Karena pengalaman dua piknik sebelumnya yang salah jadwal, Akhirnya kami memutuskan pergi kesana diakhir cuti. Berharap tidak padat pengunjung. Dan benar, pada saat itu hanya rame saja tapi tidak terlalu padat.


Batu secreet zoo ini konsepnya cukup unik. Kalau di kebun binatang biasanya terdapat beberapa pintu masuk. tidak halnya dengan secret zoo. Dia hanya memiliki satu pintu masuk dan satu pintu keluar. jadi sekalinya masuk nggak bisa keluar lagi. nah loh, hahaha.

Batu secret zoo ini salah satu tempat piknik yang sangat bagus menurut saya. Bagus dari segi arsitekturnya, jenis binatang yang ada, perawatannya, kenyamanannya, semuanya diperhatikan dengan baik. Yang pasti Batu Secreet Zoo ini salah satu tempat piknik yang wajib dikunjungi.

Tapi pastikan pada waktu kesini badan sedang dalam keadaan fit ya. karena perjalanan dr pintu masuk menuju pintu keluar jauuuuuuuuh. hehehehehe. Seperti naik turun gunung! Tapi karena pemandangan sekeliling yang luar biasa bagusnya, jadi lumayan terbayarkanlah :)





Saya punya beberapa tips nih untuk kalian yang akan mengunjungi Batu Secreet Zoo :
  • Jangan pergi pas weekend atau hari libur. Kecuali kalian rela antri berdesak-desakkan demi melihat binatang kesayangan :)
  • Pakai tas ransel. Ini wajib! Karena perjalanan menyusuri secreet zoo ini sangat jauh dan melelahkan, lebih baik pakai tas ransel daripada nanti temenan sama koyo :))
  • No high heels. Big No No !
  • Bawa topi. Asli, panasnya teriiiiik.
  • Bawa makanan secukupnya aja yaa.. karena disana sudah tersedia banyak tempat makan. Nggak usah juga bawa tiker, rantang nasi, sama bantal yah.. Nggak ada tempat buat ngegelarnya :)))))
  • Jangan lupa bawa tongsis. Ya buat foto-foto laaah... hehehehe


Nah itu sedikit cerita mengenai piknik saya yang paling berkesan. Lumayan kan, bisa buat cerita anak cucu :)

Sebenarnya masih banyak sekali  tempat piknik yang ingin kami kunjungi. Tidak usah jauh-jauh, ke Bogor misalnya. Terakhir kali ke Bogor sekitar tahun 2003, waktu jaman KKN kuliah dulu, hahahaha. Lama banget ya ??! Dulu ke Bogor sudah pasti tujuannya ke kebun raya bogor. Mahasiswa jaman dulu ya nyari tempat piknik yang murah-murah aja lah :)

Setelah menikah dan punya anak masih belum sempat untuk pergi ke Bogor lagi. Sepertinya harus masuk ke daftar rencana piknik selanjutnya. Apabila ada kesempatan untuk liburan di Bogor, kami ingin sekali mengunjungi Taman Safari. Karena memang anak saya sangat suka sekali dengan binatang, hehehehe.

Yaa semoga saja rencana piknik kami di Bogor dapat terwujud... :)

Ayo, rencanakan piknikmu dari sekarang !! :)))


" Lomba Blog Piknik itu Penting "

6 komentar:

  1. wah aku juga kalo mudik malah dimaksimalkan sebisa mungkin piknik sebanyak2nya selama dikampung. Maklum.. kalo hari biasa orang-orangnya suka sibuk kegiatan masing-masing :DDD

    BalasHapus
  2. ahahahaha iya mba nindya, sama ternyata kita.. mumpung yah :-)))

    BalasHapus
  3. ahahahaha iya mba nindya, sama ternyata kita.. mumpung yah :-)))

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. terimakasih partisipasinya. maaf pengumuman diundur tgl 20 oktober. goodluck

    BalasHapus
  6. terimakasih partisipasinya. maaf pengumuman diundur tgl 20 oktober. goodluck

    BalasHapus