15.10.15

Tips Mengelola Pulsa dengan Bijak

source

" Maaf kuota paket internet Anda sudah habis, Anda akan dkenakan tarif..."

" Maaf pulsa Anda tidak cukup untuk perpanjangan paket Internet Kuota Rp49rb/30hr. Silahkan isi ulang pulsa..."

Lagi seru-serunya internetan, tiba-tiba salah satu pesan diatas muncul tuh rasanya gimanaaa gitu ya. Campur aduk! antara kesal dan mau marah. Mending kalau internetan-nya hanya sekedar buka facebook atau sedang asyik lihat-lihat instagram orang, itu sih nggak terlalu masalah. Tapi kalau lagi serius nyontek tutorial make-up di youtube, padahal setengah jam lagi mau dijemput pacar buat malam mingguan. Aaaaaak tidaaaak..!

Pernah mengalami hal serupa? atau bahkan sering? kalau saya sih sering, hehehe. Dulu saya ini termasuk orang yang cukup boros dalam memakai pulsa. Belum apa-apa kuota sudah habis. Padahal nggak dipakai apa-apa loh. Paling hanya untuk browsing dan buka-buka media sosial saja. Download juga jarang banget, bisa dihitung pakai jari. Yang paling parah, pernah waktu itu baru beli pulsa, pakai seminggu, langsung habis! hahahaha, ajaib ya..! :-)

Nah, karena sudah seringkali saya mengalami kejadian yang kurang mengasyikan seperti tadi, maka secara tidak langsung saya mulai belajar bagaimana caranya mengelola pulsa agar tidak membengkak dan tiba-tiba menghilang entah kemana.

Sebagai seorang ibu rumah tangga, tentunya tidak hanya uang belanja saja yang harus pintar saya kelola, tetapi pemakaian pulsa juga. Ini penting loh, kalau tidak pengeluaran hanya untuk beli pulsa saja bisa melebihi pengeluaran lainnya. Dan tentu saja kalau hal ini dibiarkan, pasti akan sangat berpengaruh terhadap post-post pengeluaran lainnya juga. Jangan sampai uang jajan anak jadi sasaran untuk beli pulsa ya. Duh, jangan sampai deh..

Untuk menyiasatinya sedikit demi sedikit saya mencari tau dan belajar mengenai hal apa saja yang menyebabkan pulsa saya membengkak dan bagaimana cara mengantisipasinya. Oleh karena itu dibawah ini ada beberapa tips agar kita dapat lebih bijak dalam mengelola pulsa bulanan kita :-)

1. Nyalakan paket data ketika diperlukan

Salah satu penyebab membengkaknya pulsa adalah paket data yang selalu aktif. Saya pribadi biasanya selalu mematikan paket data di pagi hari. Karena pagi hari saya terlalu sibuk untuk urusan rumah tangga. Jangankan pegang ponsel, untuk selonjoran saja rasanya susaaah. hehehe.

"Tapi kan nggak dipakai juga internetnya.. ngapain dimatiin?" mungkin ada yang berpikiran seperti itu. Tapi jangan lupa kalau sistem kerja Android itu selalu terintegrasi dengan google. Dia akan selalu melakukan update setiap saat secara otomatis meskipun ponsel sedang dalam keadaan tidak dipakai. Belum lagi aplikasi chatting seperti WhatsUp, Line, BBM, dan sejenisnya. Hampir tidak pernah berhenti ya. Terkecuali jika kamu termasuk orang yang 'nggak tahan kalau nggak eksis' sampai-sampai masuk kamar mandi pun ponsel harus selalu setia mendampingi. Wah kalau itu sih lain cerita ya :-)

Selain pagi hari biasanya paket data saya matikan ketika tidur dan ketika ponsel sedang di charge. Kalau ini sih sudah pasti harus dilakukan. Daripada mubadzir kan? :-)

2. Kuota atau Unlimited?

Biasanya setiap kali melakukan pengisian pulsa selalu ada dua pilihan paket internet yang ditawarkan. Antara paket kuota atau paket unlimited. Kalau saya pribadi, karena kebutuhan internet hanya dipakai sebatas browsing, social media, dan grup chatting, maka saya lebih memilih paket kuota. Tapi perlu diingat juga, pemakaian pulsa berdasarkan kuota ini juga harus terkendali loh. Maka kamu harus rajin cek sisa kuota kamu ya.

Lain halnya kalau kamu adalah seorang gamers sejati. Buka facebook juga hanya untuk main game online. Pokoknya nggak bisa hidup tanpa nge-game! :-) Kalau seperti ini lebih baik kamu pilih paket unlimited. Apabila menggunakan paket kuota sudah dipastikan pulsa kamu bakalan habis ditengah jalan. Dan pada akhirnya akan memakan pulsa regular kamu. Tambah mahal deh..

3. Manfaatkan Aplikasi

Untuk yang hobi menulis seperti saya, kamu bisa memanfaatkan aplikasi menulis secara offline. Seperti evernote, writer, Gnote dan sejenisnya. Kalau saya biasanya menggunakan aplikasi natural notes. Ketika muncul ide menulis, langsung saya tuangkan ke aplikasi tersebut. Sampai pada akhirnya terkumpul draft-draft yang nantinya siap dipublikasikan. ketika sedang menggunakan aplikasi ini biasanya paket data saya matikan. lagi-lagi bisa menghemat pulsa kan :-) Nah setelah 80% tulisan selesai, baru saya masukkan ke blog untuk dilakukan finishing edit.

3. Jangan malu menjadi 'fakir' Wi-Fi

Dulu sewaktu saya masih kerja kantoran, di waktu senggang seringkali saya memanfaatkan fasilitas Wi-Fi kantor. Saya gunakan untuk download-download yang biasanya menyedot pulsa lumayan banyak apabila dilakukan di rumah. Sekarang sudah banyak sekali fasilitas umum yang memberikan pelayanan free Wi-Fi. Seperti cafe, tempat makan, taman, Mall dan lain sebagainya. Manfaatkan saja kalau kamu sedang berada disana. Jangan sungkan untuk meminta password sama mas atau mbaknya. Siapa tau kan bisa sekalian kenalan? ahahaha. Ini untuk yang masih pada jomblo loh ya.. :-)

5. Matikan mode SYNC pada ponsel

Kalau kamu adalah pekerja yang mengharuskan kamu untuk mengecek e-mail setiap menit, maka tips ini sepertinya tidak berlaku. Kalau untuk saya, kebutuhan untuk mengecek e-mail bisa dihitung pakai jari. Tidak setiap saat saya menggunakannya. Jadi untuk menghemat pulsa, mode sync selalu saya matikan.

6. Edge, 3G, atau HSDPA ?

Saya termasuk beruntung karena wilayah tempat dimana saya tinggal termasuk wilayah yang cukup baik penerimaan sinyalnya. Tapi terkadang tidak jarang juga ketika jaringan sedang padat, sulit sekali mendapatkan sinyal HSDPA. Jika layar ponsel kamu sudah menunjukan sinyal EDGE lebih baik kamu matikan saja paket datanya. karena dia akan selalu mencari sinyal terbaiknya dan biasanya memakan waktu yang lama. Tentu saja hal ini akan memakan banyak pulsa.

7. Manfaatkan bonus dan promo

Biasanya ketika kita akan mengisi pulsa selalu ada bonus atau promo dari masing-masing operator. Entah itu bonus 1 GB dari jam 00-03. Atau 500 MB dari jam 03-06. Manfaatkan saja bonus-bonus tengah malam itu untuk download ataupun keperluan lainnya. Kan lumayan tuh, sambil begadang sambil internetan :-)

Itulah beberapa tips dari saya mengenai cara mengelola pulsa dengan bijak. Ayo, sudah waktunya kita untuk berhemat! kita mulai dari hal-hal kecil terlebih dahulu. Karena tidak dapat dipungkiri, sekarang semua sudah serba mahal. Pulsa murah pun sepertinya tidak semurah dulu ya. Tapi sekarang dipermudah dengan adanya pulsa elektrik. Dan untuk kamu yang ingin jadi juragan pulsa alias bisnis jualan pulsa, hehehe. Coba deh kamu mampir ke Pojok Pulsa. Karena Pojok Pulsa merupakan salah satu server pulsa elektrik nasional yang ada di Indonesia, yang jam terbangnya sudah 6 Tahun! Sudah dipastikan dengan banyaknya pengalaman, Pojok Pulsa dapat dijadikan sebagai salah satu referensi server elektrik terbaik di Indonesia.

Untuk kamu yang sedang mencari peluang bisnis Pulsa Elektrik Jakarta dan Pulsa Murah Jakarta, Ayo di ceki-ceki pojok pulsa-nya yaa :-)

Lomba Blog Pojok Pulsa 2015

2 komentar:

  1. wah,,aku paling sering kecolongan... cara matiin atau off in paket dulu gimatuh..emang bisa di oof n di on kan..ya..?

    BalasHapus
  2. iya bisa mba.. caranya masuk ke setting menu Setting » Wireless & Networks » Mobile Networks » Di bagian Use Packed Data atau Enable Always on Mobile jangan dicentang ya. kalau mau dinyalain lagi internetnya, tinggal dicentang lagi deh :-)

    BalasHapus