7.2.14

Muffin Donat Happycall


haiii halllooooo...

Muffin donat ini enaaaak, empuuuuuk, dan yang terpenting bikinnya gampaaaaang banget. Gausah repot-repot ngeluarin mikser ataupun timbangan, dan panggang pakai Happycall pun ternyata bisa loh. Cocok banget untuk pemula seperti saya yang sedang semangat-semangatnya bikin kue, hehehehe.
Resep asli muffin donat ini berasal dari blog baking bites, tapi saya liatnya via blog Mba Endang JTT, makasih ya mba resepnya :) Berhubung saya males ngeluarin timbangan (pada waktu itu), pengennya yang pake cup aja deh biar cepet (emang dasar males ya, hehehe), jadiiiiiii saya memutuskan untuk memakai resep baking bites. Disini saya tuliskan resepnya lagi yaa, tapi sudah dimodifikasi disesuaikan dengan bahan yang ada.

Muffin Donat
3/4 cup gula pasir
1 buah telur ukuran besar
1 1/2 cup tepung terigu
1 sdm baking powder
1/4 cup minyak sayur
3/4 cup susu cair (saya pakai SKM ditambah air)
2 sdm margarin leleh
gula pasir dan cincangan DCC secukupnya untuk taburan (optional, bisa diganti yang lain)

Note: untuk yang memerlukan ukuran gram-nya bisa diliat di blognya Mba Endang JTT yaa


How To : 
  • Siapkan oven (saya pakai happycall) dan loyang muffin yang sudah dialasi paper cup
  • Campur telur dan gula lalu kocok hingga gula larut dan warna memucat, sisihkan
  • Campur tepung terigu dan baking powder, ayak
  • Masukkan campuran terigu kedalam kocokan gula, aduk rata
  • Masukkan susu cair, aduk rata
  • Lalu masukkan minyak sayur, aduk rata (pastikan minyak tercampur rata dengan adonan)
  • Setelah adonan jadi, masukkan adonan kedalam muffin cup (saya mengisi adonan hampir penuh)
  • Panggang sekitar 30 menit (tergantung oven masing-masing)
  • lakukan tes tusuk, segera angkat apabila sudah tidak ada adonan yang menempel
  • Gulingkan bagian atas muffin kedalam lelehan margarin lalu gulingkan kedalam gula pasir
  • muffin donat siap dinikmati :)

Untuk ukuran bahan-bahan yang sangat simple muffin ini bisa dibilang enak. Lebih enak lagi dimakan selagi hangat, tapi kalo udah dingin juga masih tetep enak kok. Teksturnya lembut, empuk, cocok untuk sarapan ataupun ngeteh sore.

Selamat mencobaaaaa :)


1 komentar: